Rabu, 13 September 2017

75 Perusahaan Terima Penghargaan Keselamatan Kerja Migas

PALEMBANG - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) kembali menganugerahkan penghargaan keselamatan kerja kepada 75 perusahaan migas atas upayanya dalam pengelolaan keselamatan kerja karyawan perusahannya.


Penganugerahan disampaikan oleh Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar didampingi Direktur Jenderal Migas, Ego Syahrial, bertempat di Novotel Palembang Hotel and Residence, Sumatera Selatan, Selasa (29/8) malam, usai acara gala dinner Forum Keselamatan Migas.

Dalam sambutannya, Wakil Menteri ESDM menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan dan berpesan kepada pelaku industri migas untuk selalu mengedepankan safety first.

"Biasanya berbicara safety yang kita ingat 3 hal, hard-hat, coverall (jacket) dan boot, ini menjadi stigma kita tentang keselamatan. Tapi (ketika) kita berbicara safety first itu, kita harus benar-benar menghayati apa itu safety first. Jangan sampai kita menggunakan slogan safety first tetapi perilaku kita tidak safety first," pesan Arcandra.

Lebih lanjut Dirjen Migas dalam laporannya menyampaikan bahwa pemberian penghargaan keselamatan kerja migas ini dalam rangka pembinaan dan dimaksudkan untuk memberikan apresiasi terhadap keberhasilan perusahaan dalam menjamin kelangsungan keselamatan migas.

"Bentuk penganugerahan semacam ini berdasarkan Undang-Undang Migas No.22 Tahun 2001, Peraturan Pemerintah No.35 dan 36 Tahun 2004 serta mengacu pada Peraturan Menteri Pertambangan dan Energi No.516 K/38/M.PE/89. Proses penilaian dilakukan melalui tahap evaluasi dan verifikasi oleh tim juri yang ditunjuk langsung oleh Direktorat Jenderal Migas," lanjutnya.

Adapun rincian penerima penghargaan keselamatan kerja migas sebagai berikut:

- Bidang Kegiatan Eksplorasi sebanyak 5 Perusahaan
- Bidang Kegiatan Eksploitasi sebanyak 41 Perusahaan
- Bidang Kegiatan Pengolahan sebanyak 14 Perusahaan
- Bidang Kegiatan Pengangkutan sebanyak 7 Perusahaan
- Bidang Kegiatan Penyimpanan sebanyak 5 Perusahaan
- Bidang Kegiatan Niaga sebanyak 3 Perusahaan

Untuk kategorisasi penghargaan, dari total keseluruhan 75 perusahaan, dimulai dari Penghargaan Tertinggi adalah:

- Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha sebanyak 18 Perusahaan
- Patra Nirbhaya Karya Utama sebanyak 28 Perusahaan
- Patra Nirbhaya Karya Madya sebanyak 15 Perusahaan
- Patra Nirbhaya Karya Pratama sebanyak 14 Perusahaan

Acara penyerahan penghargaan turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Ishak Mekki, Inspektur Jenderal KESDM, Mochtar Husein, Deputi Pengendalian PengadaanSKK Migas, Djoko Siswanto, serta sejumlah CEO perusahaan migas di Indonesia. (VG)