Kamis, 25 Desember 2014

Mengenal Jenis dan Tipe Lampu Listrik

Lampu Listrik merupakan sumber cahaya buatan yang digunakan untuk memberikan cahaya di dalam ruangan maupun luar ruangan. Lampu listrik sebagai penerangan memiliki banyak jenis. Berikut ini adalah jenis dan macam-macam tipe lampu listrik :

Lampu Pijar (Incandescent), Jenis lampu yang dikembangkan Thomas Alfa Edison ini memakai filamen tungsten yaitu semacam kawat pijar didalam bola kaca yang diisi gas nitrogen, argon, kripton, hidrogen dan sebagainya.
lampu-pijar
Jenis Lampu Pijar (Incandescent)
Lampu pijar, seperti yang kita tahu, telah dikembangkan 100 tahun yang lalu. Hal ini juga ditanamkan dalam kehidupan masyarakat dan lebih dari perangkat yang menghasilkan cahaya; itu adalah unsur kenyamanan serta desain. Teknologi pijaran telah lama terbukti dapat diandalkan, mudah digunakan dan bagian dari lingkungan yang nyaman dan mengundang.
macam-macam-lampu-pijar
Macam-macam tipe lampu pijar (incandescent)
Lampu pijar (incandescent) tergolong lampu listrik generasi awal yang masih digunakan hingga sekarang. Prinsip kerja lampu pijar adalah sangat sederhana. Ketika ada arus listrik mengalir melalui filamen yang mempunyai resistivitas tinggi sehingga menyebabkan kerugian daya yang menyebabkan panas pada filamen sehingga filamen berpijar.
Lampu Halogen (Incandescent), Lampu halogen tergolong lampu pijar yang ke dalam bola lampunya diisi dengan unsur halogen di antaranya Iodida. Evaporasi Wolfram pada lampu ini terjadi saat filamen berpijar.
tipe-jenis-lampu-pijar-halogen
Macam-macam tipe lampu pijar halogen (incandescent)
Lampu Fluorescent (Discharge), Lampu Fluoresen termasuk lampu merkuri tekanan rendah yang dilengkapi dengan bahan fluoresen. Cahaya yang dipancarkan dari dalam lampu adalah ultraviolet (termasuk sinar tak tampak). Untuk itu bagian dalam lampu tabung dilapisi dengan bahan fluoresen yang fungsinya mengubah ultra violet menjadi sinar tampak. Di samping itu pada bahan fluoresen ditambahkan senyawa lain yang disebut akktivator.
tipe-lampu-fluorescent
Macam-macam tipe lampu fluorescent
Lampu Metal Halida/Lampu HID (High-Intensity Discharge Lamps), Cahaya yang dihasilkan lecutan listrik melalui uap zat logam. Lampu merkuri menghasilkan cahaya dari lecutan listrik dalam tabung kaca atau kuarsa berisi uap merkuri bertekanan tinggi.
tipe-lampu-metal-halida-hid
Macam-macam tipe lampu metal halida (HID)
Lampu LED (Electroluminescent), Lampu ini merupakan sirkuit semikonduktor yang memancarkan cahaya ketika dialiri listrik. Lampu LED memancarkan cahaya lewat aliran listrik yang relatif tidak menghasilkan banyak panas.
jenis-lampu-led
Macam-macam tipe lampu LED
+Celebes Teknik Nusantara | Kontraktor Listrik dan Supplier
Enjoy :-)