Sabtu, 27 Desember 2014

Mengenal Jenis dan Tipe Kabel Listrik

Kabel listrik merupakan media penghantar yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik baik itu tegangan listrik AC maupun tegangan listrik DC. Jenis kabel listrik berdasaarkan pemanfaatan tegangan dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) jenis yaitu jenis kabel listrik AC dan Jenis kabel listrik DC.

Pada jenis kabel listrik AC dikelompokkan lagi menjadi 3 (tiga) jenis sesuai dengan pemanfaatan tegangan yaitu jenis kabel listrik AC tegangan rendah, jenis kabel listrik AC tegangan menengah, dan jenis kabel listrik AC tegangan tinggi.

Sedangkan untuk jenis kabel listrik DC juga dapat dikelompokkan lagi menjadi 2 (dua) jenis sesuai dengan pemanfaatan tegangannya yaitu jenis kabel listrik DC tegangan rendah dan jenis kabel listrik DC tegangan tinggi.
Pada dasarnya kabel listrik memiliki konduktor yang terbuat dari tembaga (Cu) atau Alumunium (Al), maka untuk penggunakaan kabel listrik jenis tegangan AC maupun jenis tegangan DC itu sama-sama dapat digunakan sebagai penghantar listrik.
Walaupun pada penggunaanya kabel jenis tegangan AC juga dapat digunakan untuk jenis kabel tegangan DC atau sebaliknya, patut dipertimbangkan penggunaanya harus sesuai dengan desain dan karakteristik tegangan yang digunakan sebagai penghantar listrik.
Jenis dan Tipe Kabel Listrik Tegangan Rendah
Jenis dan TIpe Kabel Listrik Tegangan Menengah dan Tinggi